Cara Memandikan Kelinci

By | March 18, 2017

Lantaran kelinci memanglah tak dapat memandikan lewat cara yang asal-asalan, ada sebagian aspek yang dapat bikin kelinci mati yakni satu diantaranya mandi. Kelinci termasuk juga hewan yang bersihkan dianya lho! Janganlah cuma memercayakan itu saja, terang kelinci mesti dibikin bersih, oleh karenanya sekurang-kurangnya kita memandikan 6 bln. sekali.

Untuk anak kelinci, anda janganlah berani beberapa cobalah untuk memandikannya yah! Lantaran anak kelinci dapat mati. Bila menginginkan cara memandikan kelinci, minimum umurnya 5 bln. keatas untuk type kelinci hias. Jika untuk type kelinci lokal yang telah berusia 3-4 bln. bisa dimandikan. Ingat! Kalau kelinci yang dapat dimandikan minimum berumur 6 bln. ya!

Cara Memandikan Kelinci

cara memandikan kelinci

Mempersiapkan Peralatan Peralatan Mandi Kelinci

Gunting, Sisir, Shampoo, Cotton Buds, Baby Oil, Cologne Baby, Handuk, yaitu peralatan mandi kelinciSebelum anda memandikan kelinci, anda mesti mempersiapkan semua sesuatunya untuk memandikan kelinci. Janganlah sekali-kali untuk coba dadakan dalam mempersiapkan peralatannya. Untuk peralatan mandinya berbentuk : bak mandi, alas untuk menyabuni kelinci, sebagian handuk yang bersih serta kering, sisir untuk kelinci, bedak, hairdryer (WAJIB!) Mengapa harus? Ya, supaya kelinci tak kedinginan, lantaran kelinci lebih sulit mengeringkan bulunya sendiri. Begitu tidak sama dengan kucing yah!

Air Hangat

Tuang air hangat dalam bak, sekurang-kurangnya 1/4 nya. Bila memandikan kelinci di wastafel juga dapat kok!
Memasukan Kelinci Dengan Perlahan
Butuh diingat kalau untuk memasukan kelinci dalam bak mandi mesti perlahan-lahan supaya si kelinci dapat beradaptasi dengan lingkungan bak mandi atau airnya dan untuk menghindar carakannya ke badan kita, baik itu muka, serta yang lain saat ia berontak atau geram.

Menyiram Kelinci

Untuk lakukan penyiraman, dapat anda kerjakan dengan cara perlahan-lahan dengan memakai air hangat. Kerjakan penyiraman dari mulai belakang lantas kedepan. Butuh diingat kalau waktu menyiram kelinci, air tak bisa masuk ke telinga kelinci. Anda dapat tutup telinga kelinci memakai kapas, supaya tak kemasukan air.

Memijat serta Menggosokan

Pijatlah rambut kelinci serta gosokan dengan cara rata dengan memakai jari tangan. Langkah tersebut supaya air hangat dapat masuk dalam kulitnya. Lantaran bila tak dipijat jadi airnya cuma melalui bulunya serta tentunya akan tidak hingga menyentuh kulit badannya.

Berikanlah Shampoo Gambar Shampoo KelinciUntuk shampoonya anda dapat memakai shampoo bayi supaya tak perih di mata kelinci, bukan sekedar itu saja lho! Anda juga dapat memberi shampoo kitten (anak kelinci) lantaran shampoo ini tak beresiko dan bikin bulunya jadi bersih serta lebat!

Pijat Dengan cara Perlahan

Pada point ke 7, untuk memijat kelinci waktu memakai shampoo supaya betul-betul shampoonya rata ke semua badan kelinci dan dapat meregangkan otot-otot kelinci pada badannya, serta merontokan bulu yang telah mati. Kaya therapy gitu!

Bersihkan Pada Sisi Yang Susah Di Jangkau

Anda harus bersihkan sisi badan kelinci yang sulit di jangkau serta dibagian yang begitu gampang terserang kotoran. Misalnya di bagian luar telinga serta dalam telinga, sisi sekitaran anus dan telapak kaki. Janganlah lupa dibagian sela-sela tangan atau kakinya juga dibikin bersih. Lalu sikatlah kuku kelincinya supaya lebih bersih dan terlepas dari kuman yang masuk dalam sela-sela kuku kelinci.

Basuh Sampai Bersih

Kerjakan pembilasan dengan begitu bersih yah! Jangan pernah ada yang tersisa, bila tak bersih jadi bakal bikin bulu kelinci jadi lembab dan debu serta kotoran semakin lebih melekat pada sisa shampoo serta jadi sarang penyakit. Oleh karena itu bersihkanlah kelinci anda dengan benar, memakai air hangat. Ingat waktu memandikan kelinci tak bisa kelamaan merendam kelinci ya!

Memindahkan Kelinci

Mengapa dipindahkan? Ya mesti dipindahkan ke tempat yang bersih, yang memanglah baknya tak ada sisa shampoo dan air hangat sisa mandi, oleh karena itu dimindahkan ke bak yang bersih serta kerjakan pembersihan step setelah itu supaya shampoo atau contionernya telah betul-betul hilang dari badan kelinci

Angkat serta Keringkan

Sesudah merampungkan pada point ke 10, lalu anda mengangkat kelinci serta pindahkan ke tempat yang kering. Lantas keringkan bulu kelinci yang basah sesudah dimandikan dengan handuk.