Gua Teluk Tomolo

By | May 3, 2017

teluk tumolo

Raja Ampat, siapa yang belum pernah mendengar namanya mungkin baru pulang dari belantara hutan rimba sekian tahun lamanya. Kabupaten yang berdiri sejak tahun 2004 ini terletak di bagian paling barat provinsi Papua Barat. Daerah ini termasuk ke dalam zona pusat segitiga karang dunia. Keindahan alam bawah laut serta biotanya yang sangat beragam menjadikan Raja Ampat merupakan salah satu destinasi utama wisata bahari yang ada di Indonesia.

Goa Teluk Tomolo Raja Ampat merupakan ranah pesona keindahan ceruk di tebing yang menjulang tinggi di sebelah selatan. Bila kita melakukan perjalanan wisata di kawasan Raja Ampat, tidaklah heran bila sebongkah pulau karang bisa ditafsirkan sebagai sepotong hati atau sebuah pohon natal. Dalam gua-gua karst, stalaktit dan stalagmit bisa memunculkan imajinasi seorng putri yang tengah termenung. Atau tetesan air yang menggerus tebing kapur mengukir lafal Allah di atas sebuah makam Keramat di Teluk Tomolol.Di mana keramat tersebut bersemayam seorang tokoh penyiar agama Islam di Misool dan sekitarnya. Air laut yang meneroboh di gua Keramat itu juga menyajikan sisi keindahan kepulauan Misool. Air laut yang bening mengantarkan kita hingga ke hulu gua, dengan selarik cahaya matahari yang membiru menembus langit-langit gua.

Di kawasan Goa Teluk Tomolo Raja Ampat tepat di gerbang goa yang menganga tinggi beredar cerita mistis dari alam gaib. Konon di lokasi ini sering terdengar suara orang bermain rebana, dan suara itu terdengar cukup lama dengan suara berpindah-pindah antara samar-samar. Kita hanya dapat mendengar namun tidak bisa melihatnya. Kisah ini diceritakan oleh salah seorang pemandu wisata lokal setempat, sekaligus yang mengemudikan speedboat. Di kawasan ini diingatkan agar para wisatawan atau pun pengunjung agar tidak berbuat yang macam-macam di daerah keramat.

Konon, selain sebagai kawasan wisata alam, tempat ini juga dijadikan tempat wisata spiritual bagi umat muslim. Keindahan gua dapat memikat banyak hati orang dari beragam budaya dan agama. Tidak jarang, pada malam Jumat para perziarah banyak yang menginap di tempat keramat ini. Pada saat musim haji banyak warga sekitar juga menyempatkan diri untuk berziarah di tempat ini. Dan pada akhirnya banyak orang yang pada berziarah di tempat ini dari berbagai kalangan.Di seputar keramat Goa Teluk Tomolo Raja Ampat juga terdapat peninggalan – peninggalan peradaban jauh sebelum Islam menyentuh kepulauan Misool yaitu sebuah ceruk di tebing karang yang menyimpan beberapa tengkorak manusia yang gosong. Di lubang yang lain, di sepanjang tepi teluk, juga tergeletak beberapa kerangka – kerangka manusia.

Seperti yang telah disebutkan tadi, Untuk berkunjung ke lokasi ini, terutama bagi para wisatawan  selalu diingatkan untuk menggunakan pakaian yang pantas. Dan untuk para wisatawan juga diingatkan untuk tidak berbuat macam – macam di tempat keramat. Begitulah informasi yang dapat saya sampaikan mengenai Gua Teluk Tomolo Raja Ampat, semoga bermanfaat!