Hal-Hal Yang Perlu Dilakukan Sebelum Mendesain Rumah Minimalis

By | August 7, 2017

 

Mendesain rumah minimalis ini bukan hal yang mudah, karena harus dilakukan oleh tenaga yang professional eperti menggunakan jasa arsitek. Kita sebagai konsumen atau calon pemilik rumah hanya bisa mengutarakan ide kita. Namun dalam mengutarakan ide, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan agar ide dapat mendukung arsitek dalam membuat gambar kerja.

 

Hal-Hal Yang Perlu Dilakukan Sebelum Mendesain Rumah

Berikut adalah hal-hal yang perlu dilakukan sebelum mendesain rumah minimalis untuk hunian impian :

  1. Jalan-jalan ke beberapa tempat

Tujuan utama melakukan jalan-jalan bukan hanya untuk merefreshkan otak dari kepenatan beraktivitas sehari-hari, melainkan juga untuk mendapatkan ide segar terbaru. Manfaatkan kamera smartphone atau kamera digital untuk mengabadikan setiap momen jalan-jalan. Karena dengan foto-foto yang kita ambil ini akan menjadi ide terbaru untuk mendesain rumah minimalis.

  1. Banyak mencari referensi

Salah satu cara untuk mendukung ide desain rumah minimalis ini adalah dengan mencari referensi sebanyak-banyaknya. Referensi ini bisa berupa majalah, koran, atau buku-buku khusus properti.

  1. Sering mendatangi pameran-pameran property

Untuk mendukung ide dan kreativitas kita ketika akan membangun rumah, kita bisa mendatangi banyak pameran property. Pameran ini akan diadakan di waktu-waktu tertentu. Sehingga kita tidak boleh ketinggalan untuk mengunjunginya.

  1. Membuat klipping

Mendesain rumah minimalis tidak semudah membalikkan telapak tangan. Kita harus memiliki banyak contoh-contoh model rumah minimalis. Kita bisa mengumpulkannya dari majalah, koran, brosur, buku property, atau lainnya dalam bentuk klipping.

  1. Meminta pertimbangan banyak pihak

Karena rumah kita bukan hanya kita saja yang akan menempati, melainkan juga dengan keluarga, maka kita harus mencari banyak pendapat dan pertimbangan dari keluarga. Selain itu, kita juga bisa meminta saran dari para arsitek yang professional di bidangnya.

Masih banyak lagi pertimbangan yang arus dilakukan sebelum mendesain rumah minimalis. Yang terpenting adalah kita harus memiliki ide yang mantap, sehingga akan mudah untuk didiskusikan dengan kontraktor. Karena nantinya akan ada beberapa penyatuan pendapat antara ide kita dengan gambar kerja yang sudah sesuai standart yang diajukan dari kontraktor yang menangani pembangunan rumah kita.