Mengenal Fungsi atau Rumus Microsoft Excel

By | September 14, 2017

Setelah mengenal Tipe Data Microsoft Excel, dan bisa memulai menggunakan aplikasi excel sekarang Kita coba bahas rumus excel yang sering digunakan dalam dunia kerja atau administrasi perkantoran.

1. Peranan Average

Peranan ini dipakai untuk mencari nilai rata-rata dari beberapa kumpulan data (range). Bentuk umum penulisannya yaitu ;

=AVERAGE (number1, number2, …), di mana number1, number2, dan sebagainya yaitu range data yang juga akan di cari nilai rata-ratanya. Umpamanya untuk isi nilai rata-rata dari range data E8 hingga G8, jadi rumusnya yaitu =AVERAGE (E8 : G8) lalu tekan tombol Enter.

2. Peranan Sum
Peranan SUM dipakai untuk menjumlahkan beberapa kumpulan data disuatu range. Bentuk umum penulisan peranan ini yaitu =SUM (number1, number2, …). Di mana number1, number2 dan sebagainya yaitu range data yang juga akan dijumlahkan. Umpamanya untuk menjumlahkan range data E8 hingga G8, jadi rumusnya yaitu =SUM (E8 : G8) lalu tekan tombol Enter.

3. Peranan Max
Peranan ini dipakai untuk mencari nilai teratas dari beberapa kumpulan data (range). Bentuk umum penulisannya yaitu ;
=MAX (number1, number2, …), di mana number1, number2, dan sebagainya yaitu range data (numerik) yang juga akan di cari nilai teratasnya. Umpamanya untuk mencari nilai maksimum dari range data E8 hingga G8, jadi rumusnya yaitu =MAX (E8 : G8) lalu tekan tombol Enter.

4. Peranan Min
Peranan Min yaitu kebalikan dari peranan Max, bila peranan Max untuk mencari nilai teratas atau maksimum jadi Min yaitu untuk mencari nilai paling kecil atau minimal dari beberapa kumpulan data numerik. Bentuk umum penulisannya yaitu ;
=MIN (number1, number2, …), di mana number1, number2, dan sebagainya yaitu range data (numerik) yang juga akan di cari nilai teratasnya. Jadi contoh untuk mencari nilai paling rendah dari range data E8 hingga G8, jadi rumusnya yaitu =MIN (E8 : G8) lalu tekan tombol Enter.

5. Peranan Count
Peranan Count dipakai untuk mengkalkulasi jumlah data dari satu range yang kita tentukan. Bentuk umum penulisannya yaitu ;
=COUNT (number1, number2, …), di mana number1, number2, dan sebagainya yaitu range data (numerik) yang juga akan dihitung jumlah datanya. Jadi contoh untuk mengkalkulasi jmlah data dari range data E8 hingga G8, jadi rumusnya yaitu =COUNT (E8 : G8) lalu tekan tombol Enter.

Baca Juga : Tutorial Ms Word

6. Peranan Logika IF
Peranan ini dipakai bila data yang dimasukkan memiliki keadaan spesifik. Umpamanya, bila nilai sel A1=1, jadi akhirnya 2, bila tidak, jadi juga akan bernilai 0. Umumnya peranan ini dibantu oleh operator rekanan (pembanding) sebagai berikut :
Simbol Peranan
= Sama dengan
Lebih kecil dari
Semakin besar dari
= Lebih kecil atau sama dengan
= Semakin besar atau sama dengan
Berbeda dengan
Bentuk umum penulisan peranan ini yaitu ;
=IF (logical_test, value_if_true, value_if_false), berarti bila ekspresi logika (logical_test) bernilai benar, jadi perintah pada value_if_true juga akan dikerjakan, bila salah, jadi perintah pada value_if_false yang juga akan dikerjakan.