Pengertian Nasi Box dan Sejarahnya

By | April 2, 2017

Nasi box merupakan nasi yang disajikan dalam varian sayuran yang segar juga lauk pauk yang dibungkus dalam kemasan box, box terebut adalah kotak kardus atau kotak Styrofoam atau terbuat dari bahan lainnya. Nasi kotak ini banyak sekali yang menjual terutama pada warung makan besar, warung makan kecil atau restoran yang menyediakan layanan catering nasi box jakarta. Melihat sejarah nenek moyang kita, Nasi kotak pada dasarnya berawal saat masyarakat mengadakan ritual sembahyang, sembahyang itu sendiri mempunyai 2 kata yaitu sembah dan hyang. hyang diartikan sebagai Dewa yang maha berkuasa atas seluruh alam semesta. Sehingga sembahyang dapat diartikan sebagai kegiatan penyembahan kepada sang maha kuasa secara bersama-sama.

Ritual sembahyang tersebut biasanya disertai dengan memberikan sesaji atau sesajen berupa hasil olahan atau punhasil alam sebagai ungkapan rasa syukur masyarakat terhadap berlimpahnya hasil alam yang di anugrahkan sang maha kuasa kepada mereka. Jika sembahyang selesai biasanya sesaji atau sesajen akan di tinggalkan sebagian di tempat yang menurut mereka keramat dan sebagiannya lagi bisanya di bawa lagi dan kemudian saling bertukaran dan di bagikan kepada para peserta ritual tersebut sebagai bawaan atau berkat.

Setelah islam masuk ke nusantara adat istiadat dari masyaratak hindu-budha tidak begitu saja ditinggalkan. Namun oleh para ulama islam peradaban hidu-budha tersebut banyak diadopsi dan tetap dilestarikan sehingga menjadi alkuturasi antara peradapan hindu-budha dan islam sampai saat ini.

Begitu juga dengan nasi berkat yang sudah ada sejak peradaban hindu-budha dan tetap di lestarikan oleh para ulama islam di masa itu. Hanya saja di era peradaban sekarang nasi berkat di gunakan untuk tujuan seperti selametan, pengajian, syukuran, dan lain sebagainya.

Setelah kertas karton atau kardus di produksi secara massal, sehingga nasi berkat yang tadinya hanya di bungkus oleh daun berubah menjadi kemasan kardus atau karton berbentuk kotak sehingga nasi berkat berubah nama menjadi nasi kotak atau nasi box.