Penggunaan peralatan dan alat yang aman

By | August 8, 2017

Umum
Periksa peralatan Anda secara teratur untuk bagian yang rusak dan / atau kabel yang rusak. Matikan dan lepaskan semua peralatan listrik terlebih dahulu. Bersihkan mereka dengan lap kering.

Untuk menghindari overloading sirkuit, batasi jumlah peralatan yang terpasang pada satu stopkontak.

Related image

Jika alat berulang kali meniup sekering, melakukan pemutus arus atau telah memberi Anda kejutan, lepaskan segera. Apakah itu diperbaiki oleh pekerja listrik berlisensi, atau menggantinya. Selalu perbaiki alat Anda diperbaiki oleh orang yang berkualifikasi. Mintalah Sertifikat Keselamatan Listrik saat mereka menyelesaikan pekerjaan. Ini menunjukkan alat telah diperbaiki ke standar keselamatan yang disetujui. Kedai Barang Elektrik

Regulasi Listrik (Keselamatan) 2010, Peraturan 89 “Penggunaan peralatan genggam di tempat yang lembab, dll., Kondisi”, secara eksplisit mengharuskan peralatan yang digunakan dalam keadaan seperti itu untuk dilindungi terhadap risiko sengatan listrik. Peraturan tersebut menyatakan berbagai pilihan mengenai bagaimana hal ini harus dicapai. Sebagai contoh:

Dengan dipasok dari suplai tegangan rendah yang terisolasi atau teraman.
Sebagai produk listrik terisolasi ganda yang ditujukan untuk penggunaan di luar dan digunakan di luar, harus terhubung ke pasokan listrik yang dilindungi oleh RCD yang dimaksudkan untuk melindungi pengguna dari sengatan listrik.

Peralatan dan alat yang digunakan di luar ruangan atau situasi lembab lainnya
Lakukan tindakan pencegahan khusus saat Anda menggunakan peralatan listrik di luar ruangan atau di lingkungan yang lembab. Peralatan dan peralatan listrik yang digunakan di luar termasuk mesin pemotong rumput listrik, pemangkas jalur (pemakan gulma), blaster air, dan alat listrik.

PERNAH menggunakan peralatan atau peralatan yang rusak dengan petunjuk yang rusak di luar ruangan.
PERNAH menggunakannya dalam kondisi hujan atau basah.
SELALU menggunakan perangkat arus sisa (RCD) atau transformator pengisolasi. Ini melindungi Anda dari sengatan listrik yang fatal dengan memotong arus jika ada masalah listrik.
Jauhkan anak-anak dan hewan peliharaan jarak yang aman saat Anda mengoperasikan mesin pemotong rumput atau peralatan listrik lainnya.
Kenakan alas kaki pelindung kuat saat bekerja dengan peralatan listrik atau alat di luar, jangan bekerja di janda atau kaki telanjang.
Kabel
SEBELUM Anda menggunakan peralatan atau alat apapun, secara visual periksalah kabel untuk mengurangi kerusakan atau kerusakan pada kabelnya. Letakkan tangan Anda ke bawah untuk merasakan retakan atau kerusakan. Jika Anda menemukan masalah, jangan gunakan peralatan sampai kabelnya diperbaiki atau diganti secara profesional.
Jauhkan kabel keluar dari jalur atau area kerja Anda sehingga tidak rusak dan menyebabkan sengatan listrik.
Jauhkan kabel dan peralatan listrik dari logam yang bisa menangkap atau memotongnya, misalnya tangga logam, bangku kerja garasi, atap logam dan pagar taman.
Tangga
Selalu periksa di mana saluran listrik di atas berada sebelum menggunakan tangga logam, dan hindari kontak. Siapa pun yang menyentuh tangga saat menyentuh kabel listrik bisa disetrum. Angin, tanah yang tidak rata, atau mencapai ke samping sementara di tangga bisa menyebabkannya bergeser posisi dan bersentuhan dengan kabel listrik di bagian atas – jaga agar menjauh dari jalur.