Taman Hyde Park, London(Inggris)

By | March 11, 2017

Taman Hyde Park merupakan salah satu taman terluas dan satu dari 8 Royal Park di London. Taman ini memiliki luas area 142 hektar dan berbatasan langsung dengan Taman Kensington Gardens. Jutaan warga London dan turis mengunjungi Hyde Park dan Kensington Gardens setiap tahun nya. Taman ini memiliki banyak daya tarik dan populer sebagai tempat piknik, jogging, tenis, berenang, mendayung, menunggang kuda, dan olahraga lain.

Hyde Park juga sering menjadi tempat konser, festival, pasar malam, dan juga lokasi syuting film. Pada siang hari, Hyde Park dan Kensington Gardens seolah menjadi satu, namun Kensington Gardens tutup lebih awal yaitu saat senja sementara Hyde Park buka hingga tengah malam.

Taman Hyde Park, London(Inggris)

Taman Hyde Park, London(Inggris)

Hyde Park wajib sekali anda kunjungi saat sedang menyambangi kota London, Ingggris. Dengan menghirup udara segar dan duduk di bangku taman kemudian bersepedah atau melakukan jogging dan bisa melakukan nya di taman ini yang memiliki keluasan 1,4 Km persegi.

Taman ini pada dahulu, kabar nya di gunakan oleh keluarga kerajaan untuk berburu. Taman ini dahulu juga di sambung-menyambung dengan Kensington Park yang terletak di seberang Buckhingham Palace atau Istana Ratu.

Hyde Park adalah sebuah area yang dibeli tahun 1536 oleh King Henry VIII dari biarawan Westminster Abbey. Ia kemudian menjual tanah nya sebagian, dan mengubah sisa nya menjadi taman berburu rusa yang luas, membentang dari Kensington ke Westminster. Hyde Park selanjut nya mengalami banyak perubahan pada masa raja-raja selanjut nya, dan mulai dibuka untuk umum tahun 1637. Layout Hyde Park yang sekarang kita lihat adalah rancangan terakhir yang di buat oleh arsitek Decimus Burton tahun 1820an (masa King George IV). Dialah yang membuat gerbang masuk Hyde Park di Hyde Park Corner yang terdiri dari Triumphal Screen dan Wellington Arch. Satu-satu nya penambahan baru di Hyde Park adalah Diana Princess of Wales Memorial Fountain yang dibuat tahun 2004. Selain itu, Hyde Park yang sekarang masih sama dengan yang ditinggalkan oleh Decimus Burton dulu.

Taman Hyde Park, London(Inggris)

Taman Hyde Park, London(Inggris)

Fitur-fitur yang bisa Anda lihat di Hyde Park adalah Triumpal Screen, yaitu gerbang masuk ke Hyde Park yang terletak di Hyde Park Corner, di sudut tenggara taman dan dibuat oleh Decimus Burton tahun 1824-1825. Gerbang ini terdiri dari 3 gerbang masuk yang digabungkan oleh struktur bertiang 4 di kedua sisi gerbang tengah. Gerbang-gerbang ini dibuat besar karena dirancang agar kereta kuda kereta kerajaan dapat melewatinya. Selain 3 gerbang ini, juga terdapat 2 pintu masuk lain yang bisa dilewati pejalan kaki.

Fitur selanjutnya Anda bisa melihat Wellington Arch yang merupakan gerbang lain di Hyde Park. Gerbang ini terletak di tengah persimpangan jalan di Hyde Park Corner, dan menghubungkan Hyde Park dan Green Park. Wellington Arch dibangun tahun 1826 oleh Decimus Burton. Di dalam gerbang ini terdapat galeri dan pameran yang dibuka untuk pengunjung. Lalu ada Marble Arch yang terletak di sudut barat laut Hyde Park. Gerbang ini didesain oleh John Nash berdasarkan Arch of Constantine di Roma,Italia dan dibangun tahun 1827 sebagai pintu masuk ke Istana Buckingham. Gerbang ini di pindahkan ke tempat nya sekarang di Hyde Park pada tahun 1851. Selain fitur-fitur tersebut, Hyde Park juga menawarkan berbagai kegiatan yang bisa dilakukan pengunjung. Selain jogging dan lari, banyak aktivitas lain yang bisa di lakukan di Hyde Park, seperti piknik, bersepeda, menunggang kuda, berenang, naik perahu, dan olah raga seperti tenis, bowling, dan golf, yang tersedia di Hyde Park.

Kembali soal aktivitas yang bisa dilakukan di Hyde Park, salah satu pilihan yang bisa diambil yakni naik sepeda. Di sudut-sudut taman, tersedia sepeda berjejer siap dipakai, tapi kita harus merogoh kocek bila ingin memakainya.

Tidak ada petugas yang berjaga di sana, hanya ada mesin seperti ATM di mana kita memasukkan kartu debet untuk memakai sepeda. Kalau uang sudah dibayarkan, sepeda yang terikat pada sebuah besi itu pun bisa dibuka ikatannya dan digunakan. Ongkos menggunakan sepeda, sekitar 1 Poundsterling (sekitar Rp 14.800) untuk 1 jam.

Kalau ingin berjalan kaki atau lari-lari kecil juga oke di taman ini. Hyde Park ini begitu asri dan segar. Pepohonan besar menghiasi seluruh taman. Ada bangku-bangku yang terpasang. Juga ada beberapa patung yang dibangun di sejumlah titik.

Di Hyde Park ini, tersedia lintasan untuk bersepeda dan berjalan kaki. Jadi tidak akan saling bertabrakan. Para pesepeda dan pejalan kaki juga akan ditemani beberapa burung merpati yang turun di rerumputan taman. Bukan hanya merpati saja, yang menarik, tupai-tupai pun ikut mencari makan di rerumputan. Tupai-tupai yang bersarang di pohon besar itu tidak takut pada manusia.

Hyde Park terletak di pusat Kota London, akses ke tempat ini sangat mudah. Mulai dari taksi, bus, kereta, hingga berjalan kaki bisa dilakukan untuk mencapai Hyde Park. Ada sejumlah monumen dibangun di taman ini, salah satunya untuk mengenang Putri Diana.

Taman Hyde Park, London(Inggris)

Taman Hyde Park, London(Inggris)

Sebagai tambahan, Hyde Park ini kadang juga digunakan untuk konser musik untuk amal. Sejumlah artis musik beken dunia pun pernah manggung di Hyde Park. Saat ini, menjelang Olimpiade pada 27 Juli mendatang, Hyde Park tengah direnovasi di bagian tengah. Sejumlah venue dibangun untuk pertunjukan menjamu para wisatawan olimpiade.

Selain fitur-fitur yang menjadi daya tariknya, Hyde Park juga menawarkan berbagai aktivitas yang bisa dilakukan oleh pengunjung. Selain jogging dan lari, banyak aktivitas lain yang bisa dilakukan di Hyde Park, diantaranya seperti berikut ini:

1. Piknik

Salah satu kegiatan favorit di taman adalah piknik, terutama saat cuaca sedang bagus. Kita bisa berpiknik gratis di Hyde Park dan juga 7 royal park lainnya. Di Hyde Park, jika ingin berpiknik rame-rame, jumlah maksimalnya adalah 40 orang. Selain menggelar alas karpet sendiri, kita juga bisa menyewa kursi taman jika ingin berjemur dan menikmati matahari dan udara taman Hyde Park. Fasilitas kursi ini bisa disewa antara Maret – Oktober dengan harga: £1.50 (1 jam), £4.00 (3 jam), atau £7.00 (seharian). (Ikuti program Umroh Plus Eropa)

2. Cycling

Bersepeda keliling kota London adalah kegiatan yang sangat mengasyikan, baik untuk bepergian atau olahraga dan hiburan. Selain di jalanan kota London, kita bisa bersepeda di jalan dalam area delapan royal park, termasuk di Hyde Park. Di Hyde Park rute yang diperbolehkan untuk bersepeda adalah Rotten Row, Serpentine Road, North Carriage Drive, dan Broad Walk. Rute ini juga boleh digunakan untuk skateboard, rollerblade, dan sejenisnya. Untuk Sepeda, kita bisa menyewanya secara langsung di sejumlah stasiun penyewaan sepeda yang berada di dalam taman dengan membayar menggunakan kartu kredit atau debit (Visa atau Mater Card).

3. Horse Riding

Hyde Park menyediakan arena khusus untuk menunggang kuda (manege) yang terletak di Hyde Park sebelah utara, dekat jalan taman North Carriage Drive. Selain di manege, kita juga bisa jalan-jalan mengendarai kuda sepanjang rute khusus, yaitu North Ride dan South Ride. (Baca juga : Tips Umroh Untuk Wanita)

4. Boating

Di Hyde Park pengunjung bisa naik perahu di danau Serpentine. Taman ini menyediakan perahu pedal dan perahu berdayung yang bisa kita sewa, dan juga Sholarshuttle, kapal berbahan bakar tenaga surya yang meluncur tanpa suara. Sholarshuttle bisa menampung hingga 40 penumpang, sedangkan perahu kayuh dan perahu dayung masing-masing bisa dinaiki hingga 6 orang.

Jam buka: fasilitas berperahu di Serpentine Hyde Park buka antara Easter – 31 Oktober, dari jam 10 sampai 20.00 (summer) atau jam 16.00 (winter)

Harga sewa perahu (per orang)      

  • Dewasa (£ 15 tahun)                            : £10 (1 jam), £8 (30 menit)
  • Anak-anak* (< 15 tahun)                    : £5 (1 jam), £4 (30 menit)
  • Family (2 dewasa, 2 anak-anak)        : £25 (1 jam), £20 (30 menit)

*anak-anak harus ditemani orang dewasa*

5. Swimming

Selain naik perahu, kita juga bisa berenang di Serpentine Lido. Di sinilah klub renang tertua di Inggris, Serpentine Swimming  Club, berenang setiap harinya dari jam 06.00 sampai 09.30 dan juga selama lomba renang pada hari Natal. Di samping Serpentine Lido juga terdapat Lido Bar and Cafe yang menyediakan meja di pinggir kolam dan cocok untuk makan atau menikmati makanan ringan.

Jam buka:

Juni – September      : Setiap hari pkl 10.00 – 18.00

Mei                              : Setiap Weekend

Harga tiket masuk  

  • Dewasa (£ 15 tahun)               : £4.00
  • Mahasiswa (show ID card)     : £3.00
  • Anak-anak (3 – 15 tahun)      : £1.00
  • Anak-anak (< 3 tahun)           : Gratis
  • Family                                       : £9.00

6. Tennis, Bowling, dan Golf

Pengunjung bisa bermain tenis, bowling, dan juga golf di Hyde Park Tennis dan Sport Centre yang terletak di persimpangan jalan taman West Carriage Drive dan South Carriage Drive, di tepi selatan Hyde Park. Di sini terdapat 6 lapangan tenis, 6 rink bowling, 9 lubang golf, fasilitas ganti pakaian, dan juga sebuah cafe, Tennis and Sport Centre Cafe. Untuk informasi penyewaan lapangan, kunjungi website Will to Win Tennis Centre.

Tempat ini selalu ramai setiap hari nya oleh para pengunjung yang datang dari berbagai belahan dunia, untuk melihat langsung taman yang indah ini. Maka dari itu jangan sampai anda tidak mengunjungi tempat ini..